About Me

Foto Saya
Rocha Rizca
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
hello world. I'm Ocha Student of Geomatics Eng. mayor in ITS Surabaya. Proud to be the next Engineer, world leader and world trendsetter
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Viewers

Rabu, 26 Desember 2012

3D Laser Scanning


3D Laser scanner adalah sebuah alat  yang dapat mengambil data, berupa titik-titik (point cloud) yang juga merupakan koordinat  dari  objek atau lingkungan sekitar yang real.  Data-data yang diambil oleh alat Laser Scanner akan diproses ke dalam bentuk model 3D (tiga dimensi).
Model dalam bentuk 3D banyak digunakan secara luas  dalam  proses  Engineering DesignSurvey Technology, Engineering Construction,  Arts, As Built Survey, Oil & Gas Survey dan Engineering lainnyaAlat laser scanner ini digunakan juga untuk proses Conservation bangunan-bangunan tua yang bersejarah atau Heritage.  Dengan adanya alat laser scanner ini, akan memudahkan kita dalam mendesain ulang sebuah bangunan, atauarchitectural building yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.


Berbagai macam product 3D Laser Scanner telah dikeluarkan oleh beberapa Manufacturerperalatan survey, tentunya dengan teknologi dan menggunakan Processing Softwareyangberbeda. Kekurangan alat ini yaitu tidak dapat mengambil data dari objek transparan, seperti kaca atau benda optik lainya yang menyerap sinar laser. Namun dapat diatasi dengan melapisi objek transparan tersebut dengan suatu lapisan yang dapat memantulkan sinar laser.




Dalam industri oil & gas aplikasi  Laser Scanning Survey dapat digunakan untuk proses redesign engineering,dimana output yang dihasilkan berupa As Built Drawing. Sebagai contoh adalahLaser Scanning Survey di bawah ini, dengan objek survey  berupa Well Head pada salah satu Lapangan Geothermal yang berada di Jawa Barat.   Deliverables yang diperlukan dari hasil survey ini, berupa data  Well head Layoutcoordinat point, Piping Coordinat PointWell Head Dimension, dan Well Head Orientation.
Proses 3D Laser Scanning Survey
Dari gambar di atas, proses pertama yang dilakukan adalah menghasilkan point cloud dengan melakukan  Scanning Process menggunakan Alat Leica HDS3000. Sedangkan proses pengambilan  geographic data coordinate menggunakan Total Station yang nantinya akan diikatkan dengan point cloud hasil Scanning Proses tersebut.  Proses kedua adalah data processing dengan merubah point cloud menjadi  3D models dengan menggunakan software 3D, proses selanjutnya mengkonversi  dari 3D Drawing menjadi  2D Drawing. Data 3D drawing sangat diperlukan untuk mengetahui  layout  dari sebuah equipment, disamping hal tersebut, data informasi jumlah equipment,dimensi pipa, jumlah elbowvalveInstrument, Cable Tray,dapat diperoleh.
3D Model Water Treatment  System di salah satu Oil & Gas Company di Kalimantan Timur

3D Separator salah satu Unit  Geothermal Power Plant di Jawa Barat

Dengan adanya Informasi dari data-data tersebut, akan memudahkan bagi seorang  Plant Designer untuk melakukan modifikasi pada Piping maupun Struktural, tanpa harus melakukansite visit dengan mengukur ulang di lapangan, dimana tingkat keakuratan dari alat Laser Scanner ini sebesar 2mm-5mm.  Sehingga dalam hal ini proses modifikasi akan lebih cepat, serta mengurangi resiko kesalahan dalam konstruksi, hal ini akan menghemat project cost.
Leica HDS3000, merupakan laser scanner 3D generasi yang pertama diluncurkan oleh Leica, dengan tingkat keakurasian  data lapangan yang tinggi dan  efisien untuk berbagai proyek survei dan rekayasa. Leica HDS3000dapat di Upgrade menjadi setingkat Leica Scan  Station





Di bawah ini, karakteristik dari HDS3000 yang membedakannya dari Laser Scanner Instrumen lain yang sekelas, antara lain:
  • Maximum 360° x 270° field-of-view
  • Unique dual-window design
  • Fully selectable field-of-view and scan density
  • Bore-sighted digital camera for automatically calibrated photo overlays
  • <6 mm spot size @ 50 m
  • 6 mm positional accuracy @ 50 m
  • Height-of-instrument (H.I.) measurement
  • Setup over survey point
  • Flexible “hot-swap” power supply system
  • QuickScan™ button
Data export Format dari Leica HDS 3000
Indirect Export Format
AutoCAD (via COE for AutoCAD plug-in)
MicroStation (via COE for MicroStation plug-in)
PDS (via MicroStation, COE for MicroStation plug-in)
AutoPLANT (via AutoCAD, COE for AutoCAD plug-in)
Direct Export Format
ASCII point data (XYZ, SVY, PTS, PTX, TXT)
BMP, JPEG, TIFF
Cyclone Object Exchange (COE) format (COE Data Transfer Products)
Originally Posted By Adibaduts, Title : HDS Field Engineer
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Search Here

Translate

Categories

Twitter Timeline

Followers

Powered By Blogger